Pages

Sabtu, 17 Mei 2014

Acara Inti RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 di Malang


Acara Inti RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014
Acara ini merupakan acara utama dari RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 Maret 2014 di HKn Center Ruang I3.101 dan I3.102 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang. Acara inti ini terdiri dari dua sesi, yaitu sesi rapat internal dan sesi rapat umum. Sesi rapat internal diikuti oleh dua orang pengurus inti dari setiap Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing universitas yang mengikuti acara ini. Dalam sesi rapat internal tersebut, dipaparkan dan dijelaskan mengenai program kerja yang dibuat oleh HIMPIPSI masing-masing wilayah, yaitu HIMPIPSI Wilayah Barat, Tengah, dan Timur secara bergantian oleh koordinator HIMPIPSI masing-masing wilayah tersebut kepada seluruh peserta rapat internal tersebut. HIMPIPSI Wilayah Barat mencakup Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Bale Bandung (UNIBBA), dan IAIN Sunan Gunung Jati Cirebon dengan koordinator dari UPI yang bernama Wisnu. HIMPIPSI Wilayah Tengah mencakup Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Negeri Malang (UM) dengan koordinator dari UNY yang bernama Tri Wulandari. Sedangkan HIMPIPSI Wilayah Timur mencakup Universitas Negeri Makassar (UNM) dengan koordinator dari UNM itu sendiri yang bernama Siti Qomariyah.



Dalam acara sesi rapat internal tersebut dilakukan penilaian dan evaluasi mengenai program kerja yang telah dirumuskan oleh setiap pengurus wilayah HIMPIPSI. Program kerja HIMPIPSI Wilayah Barat bergerak pada bidang pengembangan organisasi, yaitu dengan menyelenggarakan pertukaran pemateri pengkaderan anggota HIMPIPSI untuk seluruh wilayah di Indonesia. Program kerja HIMPIPSI Wilayah Tengah bergerak pada bidang pendidikan, yaitu dengan menyelenggarakan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial se-Indonesia, yang dapat berupa produk dan strategi pembelajaran ataupun bentuk yang lainnya, Olimpiade IPS Se-Jawa untuk siswa tingkat SMP/MTs tingkat nasional yang merupakan kelanjutan dari Olimpiade IPS yang sebelumnya telah diselenggarakan pada masing-masing wilayah, dan IPS Mengajar yang diikuti oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, yang ditujukan pada siswa tingkat SD dan SMP. Sedangkan program kerja HIMPIPSI  Wilayah Timur bergerak pada bidang sosial masyarakat, yaitu dengan menyelenggarakan penyuluhan bahaya penggunaan Narkotika bagi siswa  tingkat SMA/MA/SMK, khususnya di wilayah Timur Indonesia, melaksanakan bantuan tanggap darurat bila terjadi bencana alam, khususnya di wilayah Timur Indonesia, yang pelaksanaannya kondisional, dan melaksanakan diskusi tanggap isu sosial yang sedang hangat diperbincangkan oleh seluruh masyarakat Indonesia, yang waktu pelaksanaannya kondisional bila terdapat suatu isu sosial yang terjadi di masyarakat Indonesia. Dalam sesi rapat internal tersebut telah disetujui beberapa program kerja dari masing-masing wilayah tersebut.




Selanjutnya dalam sesi rapat umum, dilaksanakan kembali pemaparan dan penjelasan mengenai program kerja yang sebelumnya telah disepakati pada sesi rapat internal yang dihadiri oleh pengurus inti setiap Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dari masing-masing wilayah. Dalam sesi rapat umum ini diikuti oleh seluruh peserta RAKERNAS HIMPIPSI Tahun 2014 dari masing-masing universitas. Pemberian kritik, saran, maupun solusi bila terjadi suatu permasalahan dalam penyelenggaraan setiap program kerja dilakukan dalam sesi rapat umum ini. Sesi rapat umum ini dipimpin oleh Ketua HIMPIPSI Pusat yaitu saudara Adil Ihsan dan dimoderatori dan dipandu oleh saudari Mita Septiani yang merupakan salah satu anggota HIMPIPSI Wilayah Tengah dari Universitas Negeri Malang. Seluruh peserta sesi rapat umum ini menyetujui semua program kerja yang telah dipaparkan dan dijelaskan oleh masing-masing koordinator wilayah HIMPIPSI yang telah dijalaskan sebelumnya.

Gallery :















1 komentar:

Wahyu Rio Defan mengatakan...

Siip..Lanjutkan!!

Posting Komentar